Kontroversi Hukuman Mati: A Life of David Gale

Bila pernah melihat “A Life of David Gale”, pasti akan termangu melihat perjuangan para

Kevin Spacey memainkan David Gale (sumber: imdb)
Kevin Spacey memainkan David Gale (sumber: imdb)

aktivis penentang hukuman mati itu. Clearance sampai harus membunuh dirinya sendiri dengan cara menelenjangi dirinya, memborgol tangannya, menutup mukanya dengan plastik, menggelepar di lantai dapurnya, lalu akhirnya mati karena kehabisan nafas. Setelah itu, tuduhan membunuh melayang ke David Gale, yang cairannya ditemukan di dalam tubuh Clearance. Maka, David dituduh sebagai pemerkosa dan pembunuh. Seorang jurnalis pada akhirnya mewawancara David Gale 4 hari menjelang hukuman mati. Pada akhirnya, tepat di menit Gale meninggal, jurnalis tersebut menemukan bahwa Gale tidak membunuh Clearance, namun dia ingin menunjukkan pada dunia, bahwa bahkan hukuman mati sungguh penuh jebakan sebab penegak hukum sangat bisa salah menghukum mati orang.

Maka, mengapa ada hukuman mati? Bahkan ada agama yang memang melegalkan itu dengan segenap kontroversi. Apakah memang hidup terlalu berharge sehingga tidak boleh diakhiri sebelum akhirnya, apapun alasannya, apapun caranya, dalam konteks apapun? Hmm.. sampai saat ini, bukan hanya hukuman mati yang menjadi isu, tapi juga aborsi dan eustanasia (suntik mati).

Kembali kepada hukuman mati. Aku percaya, bahwa memang hidup tidak boleh diakhiri sebelum waktunya. Mestinya ada cara hukum lain yang bisa dilakukan, selain mematikan seseorang. Ketika zaman Muhammad dulu, ketika ada pasangan yang dihukum dera karena ketahuan zina, langkah ini dilakukan untuk membuat jera orang-orang sehingga tidak memilih untuk berbuat zina. Entah apakah langkah ini efektif atau tidak dalam mengurangi perzinahan zaman itu. Toh, tidak mudah suatu hukuman mati dilakukan. Hukum dera ini harus melalui bukti dan saksi yang akurat untuk dilakukan.

Jadi, kalau tuhan memang juga menghargai nyawa manusia, kenapa hukuman mati juga masuk dalam satu metode hukumannya kepada manusia?

*aku berlindung dari ketidaktahuanku*

2 Replies to “Kontroversi Hukuman Mati: A Life of David Gale”

  1. Mba Dewi,,akhirnya aku dah masuk blognya mba Dewi,,,n tidak bisa berhenti membaca selama 2 jam,,hihii….aku dah baca banyak banget,,dr beasiswa,negeri 5 menara, selingkuh itu candu,,resensi film….wahh,,bnyk banget yg bisa aku dapetin dr blog mba Dewi….untung aku inget pesen mba Dewi pas nikahan shinta,,hehe…
    Ini film pertamaku yang akhirnya membawaku jadi penikmat film berbobot (sampai sekarang maih inget,hehe n pas g crt gak bnyk org yg dong ada ilm ini,hehe)…hmmm,,,ini banget yg aku cari…sumberku ya IMDB,,,cuman mba Dewi diberikan kemampuan luarbiasa dalam menulis,,,sehingga tersampaikan dengan lugas inti dr film2 tersebut….wahhh,,,klo gak lembur,,aku pasti baca blognya mba dewi,,,semangat y mba menulis blognya,,aku bacanya kyk bc buku 5 menara,,gak bisa berhenti dan terinspirasi,,hehe….Go greenjo!!!(aku juga suka banget ijo,,hihi)

  2. Deli, hehehehe, makasih banyak ya komenmu dan sudah bersedia membaca. aku masih belajar terus nih. biar tambah banyak jam terbangku. soal film, sebenarnya Deli kalo ada waktu, sering main ama Wulan aja. dia itu luar biasa lah soal film. hehehhee. soal buku, aku belon baca buku Negeri 5 Menara, tapi itu buku yang nulis kawanku yang sangat fenomenal. semoga berguna ya apa yang aku tulis. amin. salam sukses, Del

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *